wafat bokapnya sahabat gw (ozan)

wafat bokapnya sahabat gw (ozan)

hari ini gw dibangunin sama nada sms yang isinya ngasih tau kalo bokapnya temen gw (si ozan) meninggal. gw langsung “inna lillahi waina ilaihi raji’un”, shock gw. tanpa mandi gw langsung ke luar rumah dan ngebantuin buat persiapan segala urusan tentang kewajiban kita atas orang yang meninggal. baik itu masang bendera kuning, ambilin kurung batang di mesjid dll.

kewajiban orang yang hidup atas orang yang meninggal tu ada empat. mandiin, kafanin, sholatin dan nguburin. pas gw mao berangkat untuk sholatin ternyata gw dan kocot di suruh berangkat duluan ke kober untuk bawa papan. persiapan disana. yauda gw ama kocot duluan. sampe sana kita ketemu sama tukang galinya. trus kita ngobrol-ngobrol.

kuburan bokapnya ozan ini kan niban kuburan orang. karena emang kuburannya uda gak diurus lagi.uda hampir 40 tahunan. trus abang tukang jaga nya ngasih tau “tuh yang putih itu tulang”. gw ama kocot kira itu batu. tapi pas diperhatiin beneran tulang yang uda lapuk. ada pori-porinya gitu. gak lama kemudian mayatnya bokap ozan dateng.

proses penguburan dimulai. yang turun ke dalem kuburan si bang malik, bowi sama ozan. mereka pada ngangkat mayatnya dan masukin ke dalam kuburan. “zan lepasin semua iketannya zan”, kata ka eel, kakanya ozan yang cewe dengan nada nangis. trus di azanin sama bang malik trus ditutup pake papan, trus uda ditutupin tanah.

gw liat ka eel yang paling sedih. si ozan kayaknya sabar banget. trus gw liat bowi juga kayaknya dia sedih. soalnya dia anak laki yang pertama juga. punya tanggung jawab atas keluarganya. kasihan ya si ozan, semoga bokapnya masuk surga dan diterima di sisi-Nya. trus semua keluarga yang ditinggalinnya pada tabah.

emang semua manusia pasti akan mati. oleh karena itu kita harus mempersiapkan bekal kita untuk di akhirat sana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword