arti dibalik BENDERA KUNING

arti dibalik BENDERA KUNING

Pernahkan anda berfikir, kenapa ketika ada peristiwa kematian khususnya di jakarta, banyak bendera kuning yang melambai-lambai?

Pernahkah anda berfikir mengapa harus warna kuning yang melambangkan adanya kematian dari seseorang?

Dan pernahkan anda berfikir sejarah dibalik bendera kuning?

Menurut sumber yang telah saya dapatkan dari http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/7036-bendera-kuning, disana saya mendapatkan informasi bahwa sejarah dari bendera kuning tersebut bermula pada zaman penjajahan Belanda. jadi, pada saat itu terdapat dua orang yang terkena wabah penyakit yang sangat menular dan sangat ditakuti bangsa penjajah. dua orang tersebut dikarantina disebuah kapal. dimana di kapal tersebut terdapat bendera persegi panjang polos yang berwarna kuning dengan simbol huruf Q. dan simbol huruf Q ini berarti Quarantine/ karantina. mungkin karena wabah ini sangat berbahaya dan menular, maka sering menyebabkan kematian. sehingga lama kelamaan citra bendera kuning menyatu dengan citra kematian.
tetapi warna bendera yang melambangkan adanya kematian di setiap daerah berbeda-beda. di daerah jawa ada yang berwarna putih, ada juga yang merah. namun, saya belum pernah mendengar adanya warna seperti warna dasar pada background Djarum Black. mungkin suatu saat ada peserta dari Blackinnovationawards yang menginovasikan warna yang berbeda dengan konsep yang berbeda, hehe. itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan, sehingga melepaskan penasaran anda terhadap apa arti bendera kuning terhadap kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword