Cerita 3 Hari di Kantor Baru

Cerita 3 Hari di Kantor Baru

9 Januari 2013, itu adalah tanggal gue masuk perdana di PT. DSME Indonesia. DSME ini singkatan dari Daewoo Shipbuilding Marine Engineering. Sudah sebegitu excitednya gue nunggu tanggal ini. Karena udah kelamaan nganggur, dan gak sabar buat “mikir” tentang engineering.
Hari pertama masuk jam 1 siang. Alhamdulillah banget, karena paginya ujan cukup deras. Gue berangkat cuma 15 menit. Emang karena deket, cuma 7 Km dari rumah. Masuk gedung Tempo Scan Tower, dan harus ribet nuker kartu buat naik lift. Secara anak baru, belom punya ID Card, sedangkan untuk pencet lift ke lantai 30 itu harus pake ID khusus. Untung ketemu sama Pa Agus, orang HRD DSME, jadinya kita naik lift barengan Pa Agus. Dia yang akses-in lift nya.

Sampai di lantai 30, sudah berjejer orang korea yang menyambut dengan hangatnya. Kemudian kita mengambil formulir data diri yang harus diisi. Furniture yang masih begitu barunya, bahkan masih banyak tukang yang lewat untuk menempel logo perusahaan di beberapa kaca. Karena memang kantor ini masih sangat baru. Sesenang dan sesemangat itu merasakan atmosfir baru ini di lantai 30 gedung yang bagus dengan karpet sebagai alas lantainya dan pemandangan kota jakarta dari atas sebagai “view” indah yang terlihat dari jendela.

Setelah isi formulir, dapet snack dan kita masuk ke ruang Orientation Room. Disana kita diperkenalkan dengan banyak petinggi petingginya. Mulai dari engineernya sampai president director. Hari pertama ditutup dengan bincang-bincang dengan president director dan pembagian ID Card.

Lanjut hari kedua,
10 Januari 2013, dengan semangatnya gue berangkat ke kantor. Air di pagi hari yang begitu menyegarkannya membuat gue semangt untuk ngantor di hari kedua dengan mengalungkan ID Card dengan bangganya. Maklum lah, masih anak baru. Masih norak-noraknya. Sampai kantor, sudah mulai dengan apiknya menggunakan ID Card untuk akses lift.

Sampai di Orientation Room, gue melanjutkan dengan berkenalan dengan teman-teman yang lainnya. Batch satu ini ada sekitar 34 orang. Hari kedua ini kita banyak dapet materi tentang visi misi perusahaan, company profile, korean culture, offshore business, dan lain-lain. Sebegitu seru dan sebegitu senengnya dengerin materi-materinya. Karena memang sudah lama banget gue gak dengerin tentang hal-hal teknik gini yang menurut gue sekarang “kok keren sih”.

Yang paling seru di hari kedua ini adalah, setelah sholat ashar kita ngelanjutin acara di Hotel Gran Melia yang persis ada di samping Tempo Scan Tower. Kita kumpul di satu ruangan yang simpel dan cukup mewah dengan enam meja bundar yang cukup besar dengan satu mejanya cukup untuk delapan orang. Jadi semacam bangku-bangku dinner dengan case putih yang begitu anggunnya.

Acara pertama dimulai dengan games ice-breaking tebak-tebakan perkelompok dan dilanjutkan dengan game simulasi pembuatan puzzle offshore facility. Jadi itu simulasi kita buat proyek, ada yang jadi project leader, engineer, dll. Ada juga yang nyatet tentang 5W1H dari proyek membangun puzzle ini. Gue jadi engineernya pada saat itu, yang ikutan ngutak-ngatik puzzle nya biar berbentuk rig tiga dimensi. Abisnya seru aja, kayak mainan anak-anak, tapi ini rig. Ada kok gue fotonya. Alhasil, kelompok gue jadi salah satu dari dua tim terbaik.

Ini dia yang kita buat, puzzle 3D berbentuk rig
Karena sudah maghrib, maka kita melanjutkan sholat maghrib dan abis itu dinner bareng di Gran Melia itu. Jadi buffet gitu. Kita ngambil sepuasnya, mulai dari makanan indonesia, western, korea, japanese, dan apalah itu. Gue awalnya nyoba nasi dengan ayam dan daging dulu sebagai pembuka. Lanjut nyobain pizza dengan dimsum. Dan sebagai dessertnya cobain ice cream yang diatasnya ada semacam biskuit yang berbentuk kayak crabby patty spongebob yang berwarna hijau den juga kue mocca yang kecil, dan juga marshmellow dan anggur yang dibalut dengan coklat cair yang disajiinnya seperti air mancur.

Nah yang ijo itu yang kayak crabby patty, yang lainnya itu ice creamnya

Mocca cake, dan yang kirinya marshmellow dan anggur yang dibalut coklat cair
Pas makan ini, waktunya kita lebih mengakrabkan diri dengan temen-temen dan juga bos kita. Bener-bener merasakan kayak keluarga besar yang lagi makan bareng. Pokoknya seru deh, sampe gue pulang langsung tepar. Kecapekan makan kayaknya hehehe.

Hari ketiga
11 Januari 2013. Hari ketiga. Awalnya mau pake batik, tapi gak jadi, karena masih gatau budayanya apakah jumat pake batik atau enggak. Kita kembali ke orientation room. Kita masih mendapatkan materi materi pengenalan yang berbeda dari hari sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan sholat jumat, balik ke kantor sebentar untuk evaluasi orientasi tiga hari ini dan kemudian pulang pada jam 2 siang. Enak kan, bisa balik siang gitu 😀

Jadi intinya,
Gue merasa senang dan menikmati tiga hari masa orientasi di DSME ini. Ketemu banyak temen baru yang gue percaya akan menjadi keluarga baru. Bisa kenalan dengan banyak orang korea, dan berlatih berbahasa inggris setiap hari untuk komunikasi dengan mereka. Bisa mulai “mikir” dan ngitung lagi. Secara otak gue udah kelamaan gak “mikir”. Terus juga anak-anaknya pada masih muda semua.
Yang bikin gue seneng, karena ini kan kantor baru, jadi paling atasannya itu ada 10-20 orang. Sisanya yang calon engineer macem gue ini, di batch gue aja ada 34 orang. Dan kita ditraining dulu 3 bulan, kemudian probation 4 bulan. Enak kan, jadi lo belajar dari nol bareng temen-temen lo ber-34. Jadi ya, yang gue rasain bukan kayak masuk kantor yang gue doang anak barunya, terus isinya pada orang tua semua, terus office politic nya udah berasa banget Gak kayak gitu. Bahkan company regulationnya aja, masih dalam tahap pembuatan, jadi ide-ide kita kemaren didengerin yang nantinya jadi bahan pertimbangan untuk peraturan perusahaan.
Dan gue jadi melihat bahwa “wah, engineer tuh keren ya” dengan banyaknya anak muda yang ada disini dan juga asik-asik. Jadi bukan yang tua trus yang kaku kaku gitu. Masih sebaya, dan sepaham lah becanda-becanda-an-nya. Berasa kayak masuk kuliah, terus punya temen seangkatan. Anyway kantornya yang deket rumah dan bagus juga jadi salah satu hal yang bikin gue seneng.

ID Card tampak depan dan belakang

Itu adalah cerita masa orientasi gue di kantor baru selama 3 hari ini. Semoga kesenengan dan keseruan yang gue rasain bisa selamanya gue rasakan. Karena gue tau juga sih, ini masih awal, masih masa training, nanti kedepannya gak akan selalu se-menyenangkan ini. Akan ada yang namanya deadline, pressure, mungkin dimarahin bos, dll. Tapi gue yakin gue bisa menghadapinya. Gue udah siapin, fisik dan mental, serta jasmani dan rohani untuk ngejalanin ini semua.

Semoga gue bisa betah dan dapet banyak ilmu di perusahaan ini. Gue akan sharing lagi, kalo ada pengalaman seru lainnya. So, just follow this blog, so that you can see the update regularly. See you 🙂

Update
Tulisan ini dituliskan dengan jujur tanpa dilebih-lebihkan. Karena emang itulah perasaan si Penulis “Pada Saat Itu”. Mungkin bisa membaca tulisan kenapa saya resign disini sebagai bahan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword