Leadership Training FPGM 2013

Leadership Training FPGM 2013

Berawal dari obrolan-obrolan iseng. Dan kita ngerasa kalo gak ada penerus dari FPGM. Maka terselenggaralah acara ini. Oh iya, mungkin bagi yang belom tau FPGM, FPGM ini merupakan wadah yang bergerak di bidang kepemudaan dan pengembangan diri. Forum Pengembangan Generasi Muda ini fokus kepada targetnya yaitu orang keturunan Arab. Ya, mungkin bagi kalian ini terdengan rasis. Tapi gak sebegitunya kok. Ini sama aja kayak semacam paguyuban. Misalnya di UI ada IMAMI (Ikatan Mahasiswa Minang) dan berbagai daerah lainnya. Kita pun juga demikian, memang terkadang keterikatan ras tidak mudah untuk diputuskan.

Saya pribadi sudah terlibat di FPGM ini mulai dari pertengahan tahun 2009. Pada saat itu saya masih mahasiswa tingkat awal yang lagi hobi mencari kesibukan, berorganisasi, mengenali karakter orang, membuat networking, dan semacamnya merasa bersyukur masuk ke dalam wadah yang sangat positif ini. Acara yang kita adakan diantaranya training ‘How to Organize an Event’, ‘Training for Trainer’, ‘Career Planning’. That’s all about self development.

Wadah ini menjadi…..apa ya? Berguna. Nagih. Bikin saya memiliki networking dengan “Jamaah” lainnya. Pokoknya positif deh. Dan sayang banget kalo wadah ini berhenti sampai di kita. Saya dan beberapa teman yang dulu aktif di FPGM sekarang kebanyakan sudah masuk dunia kerja, dimana waktu yang kita miliki gak se-fleksibel waktu SMA. Dan menurut kita sayang aja, kalo FPGM ini gak diterusin. Berguna dan positif banget soalnya. Akhirnya diadain lah acara ini.

Walaupun persiapan yang sangat pas-pas-an. Dengan jumlah panitia yang mungkin gak lebih dari 10 orang, kita nekat untuk bikin acara ini. Saya pribadi bertanggung jawab sebagai peserta yang mencari peserta untuk mengikuti Leadership Training 2013 ini. Alhamdulillah peserta yang ikut ada 19 orang. 13 orang Pria dan 6 orang wanita.
Acara ini dimulai dari Jumat malam. Tanggal 28 juni. Setelah pulang kantor, kerumah, mandi, rapih-rapih dan akhirnya berangkat ke tempat acara yang bertepatan di Hotel Khalisma, Petamburan. Hotel ini bukan hotel bintang 5. Tapi yaaa….not bad lah. Lumayan sedikit berasa liburan bisa tidur di kasur yang beda dari kasur biasanya + AC yang super dingin.

Malam itu langsung dimulai dengan Ami Geisz Chalifah. Seorang aktivis yang berbagi pengalamannya saat menjadi aktivis. Pembicaraan Ami Geisz, membuat banyak peserta “tertampar”. Kemudian besok paginya acara dilanjutkan dengan Ami Anies Basalamah yang merupakan Sekjen KPK. Beliau membawakan materi tentang kepemimpinan. Ada juga Ka Mahir Bayasut, seorang yang merupakan ketua radio PPI Belanda saat dia sedang S2 dan pada saat ini dia aktif di berbagai project. Dia juga orang dibalik layar dari Coffee Institute. Salah satu tempat nongkrong yang sering di kunjungi anak muda di daerah Gunawarman. Masih ada Ka Khotim Ganis, Ka Nadya Afiff dan Ibu Mona Ganiem yang mengisi materi di hari minggu. Ibu Mona Ganiem selalu menjadi favorit saya. Dia mengisi materi tentang Communication Skill. Sudah beberapa kali saya melihat dia membawakan materi yang sebenarnya “sama”, tetapi saya tidak pernah bosan. Saya masih terpana melihat dia mengeluarkan gagasan dan ungkapan dengan emosi, vokal suara, gesture, dll yang sangat berkelas.

Beberapa foto lainnya 
Tiga hari selesai. Saya pribadi sangat senang dan bangga karena acara ini berjalan dengan sukses dan lancar. Walaupun ada beberapa penghalang di belakang pembuatan event ini, tapi panitia hebat yang saya kenal tidak pantang menyerah sampai akhirnya acara ini bisa sukses. Semoga kedepannya, para peserta ini dapat meneruskan perjuangan kita. Mereka membuat training lagi, “mencetak” pribadi yang baru lagi. Dan begitu seterusnya sehingga acara kepemudaan ini terus berjalan dan kita tidak hanya jadi penonton. Tapi juga mesin perputaran kepemudaan di Indonesia. Sukses terus FPGM. Lancar acara kedepannya. Wassalamualaikum.
NIZARLAND
“Where The Land Inspires The World”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword