[Review] FestiFrance 2013

[Review] FestiFrance 2013

Ada yang beda, nih, dari Festi France yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis tahun ini. Dengan mengusung tema “La Culture qui Vient de Banlieue”, Festi France menghadirkan wajah lain dari Perancis yang ternyata tidak hanya menarik dari sisi fesyen saja. Banlieue sendiri berarti suburb dalam Bahasa Inggris. Nah, tahun ini, kru Festi France ingin menampilkan budaya dan gaya hidup masyarakat Perancis yang ada di pinggiran kota. Dari segi dekorasi, bisa dilihat kalau ciri khas acara ini adalah street art karena Gedung IX FIB UI sukses disulap menyerupai stasiun-stasiun metro di Perancis lengkap dengan beragam mural cantik di dindingnya.


Pada hari pertama pelaksanaannya, 13 November 2013, acara diisi dengan pertunjukan tari serta musik, lanjut diikuti dengan Lomba Bahasa dan Budaya Perancis tingkat SMA. Rangkaian acara hari itu ditutup dengan seminar yang bertema “Wajah Street Art Perancis dan Indonesia”. Hal ini sangat menarik karena biasanya masyarakat kita hanya mengidentikkan Perancis dengan Paris beserta Menara Eiffel-nya saja, yang ternyata kalau kita pahami lebih lanjut, budaya masyarakat pinggiran di sana tidak kalah saing dengan para Parisien.

Sedangkan pada 14 November 2013, dibuka dengan seminar musik Rap, Hiphop, dan Beatbox bersama para punggawa musik Indonesia seperti Denny Sakrie dan Mouth FX. Acara kemudian diikuti dengan demo masak kuliner Perancis dari ChezLely Culinary School. Demo tersebut langsung dipandu oleh Chef Lely sendiri. Kuliner memang selalu menimbulkan efek yang beragam bagi para penikmatnya, sehingga pengunjung Festi France semakin ramai saat demo masak dilakukan. Yang tidak kalah seru, Festi France juga bekerja sama dengan Institute Francais d’Indonesie, IFI, yang saat itu sedang mempromosikan acara mereka yaitu Festival Sinema Perancis. Sehingga mereka mengadakan pemutaran dan diskusi film dengan tema “Imigran dan Kehidupannya” dalam rangkaian acara Festi France.


Di hari terakhir penyelenggaraan Festi France, 15 November 2013, acara dibuka dengan performance dari band-bandseperti 90 Horse Power, Mowns, Fonetics, Dolphin Division, dan Ruang Dua. Suasana semakin memanas ketika acara dilanjutkan dengan sexy dance performance dan juga fashion show dari berbagai brand ternama seperti Galeries Lafayette, NSBWZ, Flamengo, WORDZ, Legal & Crime,dan tidak ketinggalan, alex[a]lexa. The crowd would never get any crazier di Auditorium Gedung IX FIB UI malam itu, terlebih, rangkaian acaranya Festi France ditutup dengan penampilan apik dari DJ Elang Ars. Heat on!

Unik dan kreatif. Pengunjung Festi France pun nggak hanya mahasiswa, tapi para pelajar sekolah menengah dan berbagai komunitas yang mengusung tema street art. Antusiasme pengunjung didukung dengan cool ambience yang diberikan oleh para kru. Sukses buat Festi France tahun depan!

Note: Artikel ini dituliskan oleh Sisca Ameliawati Rudy (@siskeynes)

NIZARLAND
“Where The Land Inspires The World”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword