What I Did in 2019

What I Did in 2019

What I Did in 2019

2019. Tahun dimana progress secara signifikan dirasa. Tahun dimana tekanan dari segala arah sudah semakin terbiasa. Tahun dimana belajar melihat sesuatu hal dari sudut pandang yang lebih besar, dan mendelegasikan hal yang kecil.

 

PILPRES 2019

Bisa dibilang, 2019 adalah waktu dimana 70% waktu saya dihabiskan untuk project ini. Project yang awalnya saya merasa “why should I do this?” sampai akhirnya “I learnt much from doing this”. Sebuah project yang mengajarkan strategi berkomunikasi, menggiring opini, produksi konten yang berpotensi viral, distribusi, dll.

Di project ini saya bertemu dengan banyak teman baru. Dimana tahun 2016-2018 bisa dibilang, kerja dengan IPW saya tidak punya “teman akrab”. Bukan karena tidak akrab. Tapi karena bisa dibilang projectnya pindah-pindah, dari satu kantor, ke kantor lain. Dari project satu ke project lain. Di pilplres ini lah, dimana saya menghabiskan waktu office hours dan di luar office hour untuk menjalani tugas ini.

Berkenalan dengan banyak politisi, tahu bagaimana cara dealing dengan paspampres, berteman dengan putri indonesia, dan masih banyak lagi. Sebuah project yang membuka pandangan baru dalam hidup saya. Yang sebelumnya antipati terhadap politik, sekarang “you have to understand the politic”. Walaupun sampai sekarang masih relatif ignorance, tetapi dibandingkan dulu, tahun ini jauh berprogress.

FINALLY, I AM A PROFESSIONAL VIDEO DIRECTOR

Cita-cita sejak lama. Yang mungkin bisa dibilang tertunda. Terjun di industri audio visual secara professional, bertemu dengan banyak mentor yang hebat. Kalau dulu, sudah merasa bangga menyebut diri sebagai “Sutradara” karena sudah beberapa kali menggarap film pendek (dan beberapa menang juga). Namun, rasanya sekarang belum berani nyebut diri “director” kalo belum di hire sama klien, dikasih duit, buat bikin cerita untuk orang lain. Bukan cuma cerita seneng-senengan kita.

Di tahun ini, karena ngegarap projek pilpres dan beberapa project komunikasi politik lainnya, alhamdulillah berkesempatan menggarap langsung video tersebut sebagai director. Melihat peluang dan gak mau menyia-nyiakan kesempatan, maka saya pun totalitas dalam menjalankan tugas ini.

UMROH PERDANA, BERSAMA MAMA

Alhamdulillahirobbilalamin. Allah selalu baik, memberikan rejeki dan nikmat yang begitu banyak. Umroh bareng mama menjadi wishlist yang sudah ditulis dari beberapa tahun yang lalu. Entah kesampeannya kapan. Alhamdulillah di tahun kemaren dapat rejeki untuk bisa ke tanah suci.

Pertama kali, daaaaaaan…. super menenangkan. Seneng banget banget banget. Walaupun sayangnya ngerasa ibadah kemarin ga begitu total karena sempet sakit, tapi bersyukur banget atas segala apa yang Allah berikan sejauh ini.

TAHUN JALAN-JALAN, DIBAYARIN KANTOR

Emang gak ada yang lebih menyenangkan daripada hobi yang dibayar. Jaman dulu ngumpulin duit mati-matian buat yang namanya jalan-jalan. Eh tahun 2019 ini alhamdulillah dapet rezeki, bisa jalan-jalan, gak perlu dibayar, bahkan dibayar. Dan jalan-jalannya literally yang ke spot wisatanya. Sumpah nikmat banget. Bisa dilihat detailnya disini Toba, Lombok, Magelang, Bromo, Singapore

NIKAHAN SODARA

Hmmm… terakhir nikahan keluarga deket tuh rasa-rasanya sudah cukup lama. Bisa lebih dari 5 tahun yang lalu. Tahun ini ada 3 cucu umi yang nikah. Mulai dari Kakak sendiri (Nadira) dan dua sepupu (Zacky & Fairus). Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, atas izin Allah.

JOGET BERSAMA DI LANTAI DANSA

Synchronizefest pecah sih. Banyak performers keren dalam satu waktu. Dan sebegitu enjoy nya joget dengan crowd yang seseru itu. Kalau konser tulus monokrom lebih ke karaoke sih, sama joget tipis-tipis hehe

PERDANA JADI MODEL

Nah ini dia, pengalaman perdana yang gak diduda-duga. Kayaknya sih emang produsernya lagi agak gak ada ide dan buntu aja mau cari talent siapa, sampai akhirnya eug diajakin juga haha. Buat detailnya bisa dilihat disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter your keyword